PENGGUNAAN METODE TREASURE HUNT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PENGARUH KEGIATAN EKONOMI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
Keywords:
Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Metode Treasure HuntAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS materi pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat pada siswa kelas V SDN Cipunagara Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang tahun pelajaran 2020/2021. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar melalui penggunaan metode treasure hunt. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Cipunagara yang berjumlah 13 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas belajar dan lembar tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar pada data awal yaitu 44%, siklus I 70%, dan siklus II meningkat menjadi 87%. Sedangkan hasil belajar siswa pada data awal yaitu 30,76%, siklus I 46,15%, dan siklus II 92,30%. Dengan demikian, melalui penggunaan metode treasure hunt, aktivitas dan hasil belajar siswa dapat dinyatakan tuntas karena hasilnya telah mencapai target yang ditentukan yaitu 85%. Dengan demikian, metode treasure hunt dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat.
References
Afrisia dan Putri (2019). Penerapan Metode Treasure Hunt untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS Kelas IV SDN Cengkok Tarokan Kediri. e-jurnal Universitas Negeri Surabaya [online], Vol. 27, (3), 84-103. Tersedia: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/28377. [18 Desember 2020].
Anitah. (2011). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Aqib, Z. (2014). Model model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Depdiknas. (2006). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Isjoni. (2011). Cooperatif Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Kim dan Yao. (2010). “A Treasure Hunt Model for Inquiry-Based Learning in the Development of a Web-based Learning Support Systemâ€. Journal of University Computer Sciense. Vol. 16, 1853-1881.
Nurjanah. (2018) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Metode Treasure Hunt di Kelas V SDN Sukasari 4 Tangerang. Jurnal Seminar Nasional PGSD Universitas Sultan Ageng Tirtayasa [online], Vol. 1, No 1. Tersedia: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/dowload//7707/5215. [18 Desember 2020].
Sabri, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Ciputat Press.
Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Suyadi. (2014). Panduan Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 SAEE - Sebelas April Elementary Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.